Breaking News

Visi Dan Misi Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan

Visi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Padang Pariaman tahun 2016-2021 adalah : “Terwujudnya Kabupaten Padang Pariaman yang Baru, Religius, Cerdas dan Sejahtera.”

Dalam upaya mewujudkan Visi tersebut, diperlukan sejumlah misi yang dapat menuju pencapaian visi secara terstruktur, maka dirumuskan “Misi Pembangunan Kabupaten Padang Pariaman tahun 2016-2021” adalah sebagai berikut :

  1. 1. Meningkatkan kualitas kehidupan beragama berdasarkan falsafah Adat Bersandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah.
  2. 2. Meningkatkan perekonomian Kabupaten Padang Pariaman melalui daya dukung sektor primer dan jasa.
  3. 3. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang cerdas dan terampil melalui peningkatan sarana prasarana dan kualitas tenaga pendidik.
  4. 4. Meningkatkan potensi daya saing daerah melalui pengembangan pariwisata, transportasi, perdagangan, penataan ruang dan pengelolaan lingkungan.
  5. 5. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengentasan kemiskinan.
  6. 6. Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik, Bersih, Berkeadilan, Demokratis, melalui Pembinaan aparatur dan Pelayanan Publik.
  7. 7. Mewujudkan ketahanan bencana melalui peningkatan kesadaran masyarakat dan kesiapan sarana dan prasarana yang ramah bencana.
  8.  

Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak mendukung pencapaian misi Bupati Padang Pariaman terutama misi meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengentasan kemiskinan (misi 5).

Melihat Visi dan Misi yang telah dipaparkan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwasannya Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak  merupakan suatu peran yang cukup penting untuk dapat tercapainya visi, misi tersebut. Oleh sebab itu, perlu analisa yang tepat untuk melihat apa yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman agar mengetahui strategi yang tepat untuk diterapkan.

Misi Meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengentasan kemiskinan dengan Tujuan Meningkatan kesejahteraan masyarakat miskin berbasis ketahanan sosial dan ketahanan keluarga, sehingga masyarakat dapat meningkatkan fungsi sosial ekonomi secara layak dan bermartabat serta dapat memutus mata rantai kemiskinan berbasis kemandirian dan Telah dirumuskan sasaran sebagai berikut :

1. Meningkatkan kualitas kesejahteraan keluarga dengan Strategi Penguatan sistem sosial berbasis ketahanan keluarga/pranata sosial dimaksudkan untuk memutus mata rantai kemiskinan secara sistemik Mencegah dan mengendalikan kerentanan sosial agar tidak terjebak dalam masalah berkelanjutan dan Arah Kebijakan sebagai berikut :

        a.    Pemberdayaan masyarakat berbasis keluarga dalam kerangka memutus mata rantai kemiskinan dan pengentasan kemiskinan pada khususnya
        b.    Mencegah dan mengendalikan kerentanan sosial agar tidak terjebak dalam masalah berkelanjutan
        c.    Pemberdayaan masyarakat lansia agar dalam melaksanakan fungsi sosial ekonomi sesuai kemampuan dan bermartabat
        d.    Optimalisasi gerakan keluarga berencana didukung pemberdayaan ketahanan keluarga secara sosial dan ekonomis
        e.    Pelembagaan Pola Pangan Harapan berbasis keragaman potensi lokal dalam kerangka perbaikan pola pangan bergizi
        f.    Pemberdayaan SDM keluarga berbasis life skill sesuai keragaman potensi local

2.    Meningkatnya kualitas perumahan dan pemukiman dengan Strategi Meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana pemukiman kemudian dan Arah Kebijakan sebagai berikut :
       a.    Pemberdayaan perumahan/ lingkungan dan pemukiman berbasis perilaku hidup bersih, sehat dan produktif.
       b.    Peningkatan pemenuhan kebutuhan pelayanan air bersih utamanya kawasan rawan dimusim kemarau

3.    Berkembangnya masyarakat berbasis pranata sosial dengan Strategi Pemberdayaan masyarakat dan pranata sosial yang ada di masyarakat  dan Arah Kebijakan  sebagai berikut :
       a.    Pemberdayaan pranata sosial dalam mengembangkan kualitas kehidupan sosial ekonomi secara mandiri
       b.    Mengembangkan pranata sosial berbasis masyarakat perempuan dalam berbagai aspek kehidupan

 

visi-misi